Welcome to Dee.Dee's Blog



Jumat, 22 Oktober 2010

Internet Bikin Konsentrasi Buyar !!!

Internet banyak sekali manfaatnya. Ada yang bilang internet bisa menjadi solusi dalam memecahkan masalah. Bahkan dari hasil survei yang dilakukan imagining the Internet Center milik University of North Carolina lebih seru lagi. Katanya, lebih dari tige perempat net user diprediksikan bakal punya otak yang lebih cerdas dalam kurun waktu ke depan. Sedaaap!!!


Namun, ada dampak negatif dari masuknya era internet ini, soalnya, ada kabar yang bilang melalui hasil sebuah studi, bahwa banyak anak muda khususnya yang ada digenerasi USB kehilangan kemampuannya dalam berkonsentrasi. Dan ini baru salah satunya aja.


Seorang professor dari UNiversity College London, revolusi digital membuat otak anak muda seperti "dibentuk". Misalkan, kalau jaman dulu ngerjain tugas satu-satu dan pelan-pelan, sekarang udah nggak gitu lagi. Mereka (anak muda) sanggup mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang berbarengan. Tapi disisi lainnya, mereka nggak fokus dalam kurun waktu lama.


Masuknya internet dan gadjet-gadjet muthakir bukan cuma mengubah perilaku orang, tapi juga cara berpikirnya. Sang profesor, David Nicholas, sempat menguji kemampuan beberapa partisipan didunia maya. Partisipan umur (12-18 tahun) cuma butuh waktu sedikit untuk menjawab quitioner dibanding partisipan yang lebih tua.


Menurut penelitiannya, anak muda ini bisa jawab dengan cepat. Waktu yang dibutuhkan pun tidak lama. Anak muda jg lebih handal dalam multi tasking (membuka banyak windows). Mereka dengan gampangnya pindah-pindah layar dari situs satu ke situs yang lain. Lucunya mereka jarang balik ke situs yang sama.


Hasil ini pun menarik hati para psikolog, Di satu sisi psikolog A bilang, kalau internet belum ngebuktiin bisa mengubah otak anak muda. Karena pada dasarnya, anak muda memang sulit konsen. Tapi beberapa psikolog mengklaim, kalau internet udah ngedukung penggunanya nggak fokus dan konsen. Banyak net user nggak disiplin seperti halnya baca dan menulis buku yang bisa bertahan lama. Hal ini disebabkan karena pikiran anak muda sekarang 'dibentuk' lagi dengan pola bekerja yang beda.

Pernah ngerasa kan? Dimana kalau bikin tugas sambil buka situs-situs akhirnya tugasnya keteter? Nah, itulah kenapa internet identik pecahkan konsentrasi anak muda. So, harusnya beresin dulu tugasnya baru buka internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar